HomeBeritaPengabdian Kepada Masyarakat di SMA An-Nur

Pengabdian Kepada Masyarakat di SMA An-Nur

image_print
pengabdian kepada masyarakat
pengabdian kepada masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa – Imdad Rabbani

Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 17-21 November 2022 di Sekolah Menengah Atas An-Nur Bululawang.

Kegiatan tersebut diadakan untuk mengembangkan tridarma perguruan tinggi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. PKM langsung dipandu oleh Ketua Program Studi (Prodi) Doktor Manajemen Pendidikan Islam yaitu Dr. Moh. Padhil, M.Pd.I. dan Beranggotaan Seketaris Prodi yaitu Dr. Indah Aminatuz Zuhriyah, M.Pd. serta Imdad Rabbani, S.Kom., M.Pd.

Pendampingan ini dibuka oleh Kepala SMA An-Nur Bululawang Ustad Hanafi, M.Pd., serta diikuti oleh segenap guru-guru yang masih muda. mereka diikutsertakan dalam pendampingan tersebut karena telah ikut andil dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka didalam aktivitas KBM.

Sambutan Kepala Sekolah
Sambutan Kepala Sekolah

Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Saya memulai pendampingan ini dengan membawakan materi konsep kurikulum merdeka secara dasar. konsep materi kurikuluum merdeka tersebut saya dapatkan dari pengalaman mengikuti sosialisasi dan bimtek tentang kurikulum merdeka belajar. Guru-guru sangat antusias dalam menyimak beberapa penjelasan tentang konsep merdeka belajar.

selanjutnya, Dr. Indah melanjutkan penjelasan tentang struktur kurikulum. beliau memulai dari bagaimana merancang pembelajaran, lalu pelaksanaannya serta asesmen yang sesuai. tak lupa guru langsung mempraktikkannya.

indah

Dalam kegiatan ini, saya mencoba membuat semacam fokus group discussion agar bisa menghidupkakn suasana audiotorium. hampir dari seluruh peserta belum begitu memahami cara membuat bahan ajar atau modul sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. dengan demikian, pihak sekolah melalui Waka. Kurikulum Bapak Kurniadi memohon kepada kami untuk memberikan materi workshop kurikulum melalui penandatanganan kerjasama (Mou).

Ada beberapa hasil dan manfaat yang diidapatkan dari kegiatan tersebut. Pertama, Teori dan praktek di lapangan sangat jauh berbeda karena keterbatasan informasi yang didapatkan. Kedua, perlunya pembimbingan oleh mentor yang kompeten dalam menjelaskan dan memberikan arahan terkait implementasi kurikulum merdeka belajar. Namun, faktanya pihak sekolah hanya diberikan pendampingan sesekali melalui virtual bukan secara langsung. Ketiga, stakeholder pendidikan perlu secara matang mengkaji kurikulum sehingga mampu memberikan sosialisasi kepada pihak bawahnya secara menyeluruh . Sehingga sekolah sebagai garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa dapat menggapai mutu lulusan sesuai dengan langkah-langkah dan prosesur yang diakui secara nasional.

Dokumentasi Kegiatan PKM

BERITA

Imdad Rabbani
S3 Manajemen Pendidikan Islam UIN Maulana Malik Ibrahim MalangPendidikan Non-Formal : - Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo - Pondok Pesantren Anwarul Huda - Madin Nurul HudaAktivitas : - Content Creator Pendidikan - Penulis - Konsultan Manajemen Pendidikan dan Teknologi Pendidikan - Akademisi - Muallim Majlis Ta'lim Jauharatul Ulum Malang - Ketua Yayasan Al-Abror Mimbaan Situbondo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest articles